Rabu, 19 Februari 2014

Short Message Services: Cara Membuat Orang Jengkel Dalam Hitungan Detik

X: Bro, tadi kuliah dosen gak dateng. Cuma si asdos dateng ngasih tugas.. bla..bla..bla
Y: Ok bro.

X: Aku tadi nyariin kamu, gini.. gitu... bla.. bla.. bla...
Y: Oh..

X: Kenapa tadi kok kayaknya buru-buru amat... bla... bla.. bla...
Y: Gpp

Well, sederetan di atas percakaan via SMS yang saya yakin nggak cuma saya yang ngalamin. Udah SMS panjang lebar, diplomatis, ramah, eh masuknya balesan cuma Y, atau Ok, atau Oh... Astaga, sekalian lah nggak usah bales kalau gitu. Haha.

Saya akuin memang enak kalau bales SMS kayak gitu, hemat waktu, hemat tenaga. Sayangnya nggak hemat pulsa. Toh SMS 1 karakter atau 100 karakter biayanya sama. Ngitungnya kan per halaman. Hehe.

Beberapa merk ponsel ada yang menyediakan 100 karakter per halaman, ada yang 150, 160, bahkan ada yang 1000 walaupun cuma satu-satunya. Ya rata-rata kita ambil 150-160 karakter lah per halaman.

Dulu, ada provider yang menyediakan bayar SMS per karakter, you know which one. Ini nih yang bikin parah dan membudayakan balas SMS satu karakter. Wkwkwkwk

Memang sulit mengelola komunikasi lewat SMS. SMS cuma kata-kata yang disusun, bahasa verbal yang hanya mewakili sekitar 58% komunikasi. Sedangkan sisanya ada gestur, mimik, intonasi, dan lain sebagainya. Maka ya (agak) wajar kalau SMS berbalas kata-kata seperti di atas tadi, karena si pengirim dan penerima agak sulit memaksimalkan 42% sisa komunikasinya.

Bayangkan seandainya komunikasi di atas yang saya contohkan terjadi secara Live. Si Y hanya akan membalas seperti itu ketika dia benar-benar jenuh dengan si X, atau mungkin lagi capek, lagi sibuk, apalah. Tapi kemungkinan besar dia nggak akan jawab kayak gitu, minta di jab, jab, hook itu namanya. Haha.

Yuk, kita bangun kesadaran dalam membalas SMS. Memang enak kok balas SMS cuma sepatah dua patah, tapi bisa jadi yang nerima balasan dari kita itu marah setengah moncrot gara-gara nerima balasan yang nggak enak itu. Ok? Apa susahnya sih ngetik beberapa karakter ekstra di HP kita, toh SMS dikit atau banyak itungannya kan per halaman. :D

2 comments:

  • karina muthia says:
    27 Februari 2014 pukul 20.57

    don't forget to put the emoticons :D

  • GM-Paksi says:
    11 Maret 2014 pukul 21.55

    masih enak kalo emoticon. hehe.

Posting Komentar

Powered By Blogger