Sabtu, 03 Maret 2012

Resensi: Anansi Boys

Satu lagi buku novel yang ane resensi. Kali ini yang jadi pilihan adalah Anansi Boys karya Neil Gaiman. Novel ini sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia pada tahun 2007. Novel ini terbit di negeri asalnya, negerinya Om Sam alias Amerika pada tahun 2005. Buku ini merupakan spin-off alias cerita sampingan dari novel sebelumnya yang mendahului yaitu American Gods.

Diceritakan dalam buku ini adalah kehidupan seorang akuntan yang bernama Charles Nancy, namun ia lebih sering dipanggil Fat Charly. Dia bukan manusia biasa, karena sebetulnya dia adalah anak dari Anansi, dewa laba-laba dari mitologi Afrika. Fat Charly memiliki kehidupan yang monoton dan cenderung susah. Pekerjaannya di kantor yang merepotkan, bosnya, Tuan Grahame Coats yang menyebalkan, juga hubungannya dengan tunangannya Rossy yang boleh dibilang kurang berwarna.

Sampai pada suatu hari, seorang teman ayahnya memberitahukan kepadanya bahwa ia punya saudara kembar. Spider namanya. Tapi Fat Charlie tidak ingat bahwa dia punya saudara. Akhirnya pada suatu hari saudaranya itu benar-benar datang di apartemen Fat Charlie dan membuat segala sesuatu menjadi semakin buruk. Perlahan Spider mulai mengambil alih kehidupan Fat Charlie, mulai dari pekerjaan hingga tunangannya. Akhirnya Fat Charlie memutuskan bahwa dengan cara apapun saudaranya, Spider, harus disingkirkan. Berhasilkah Fat Charlie menyingkirkan saudara kembarnya sendiri?

Neil Gaiman pantas mendapat pujian atas novel ini. Novel ini sungguh berbeda dari novel-novel yang lain. Dalam novel ini ia mampu menghadirkan suasana magis, mistis, dan romantis kehidupan dewa-dewa dan makhluk setengah dewa melalui sudut pandang modern. Buku ini menarik untuk dibaca, jadi tunggu apalagi?
  • Judul           : Anansi Boys
  • Penerbit      : PT Gramedia Pustaka Utama
  • Pengarang : Neil Gaiman
  • Halaman    : 428
  • ISBN           : 978-979-22-3024-6

2 comments:

  • deby putra bahrodin says:
    4 Maret 2012 pukul 13.22

    Ijin nyimakk ...hehehe ..... bagus nih untuk di baca, tapi sayangnya aku tak suka baca novel.. mungkin aku kasih tau adekku dia seneng kali ya .... nice post (^.^)

  • GM-Paksi says:
    5 Maret 2012 pukul 15.46

    hehe. oke gan. terima kasih sudah jalan-jalan kemari. :D

Posting Komentar

Powered By Blogger