Selasa, 17 Maret 2009

Yuk... Kenalan Sama Al Ghazali ...

blogger-emoticon.blogspot.comAbu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i alias Al - Ghazali adalah seorang filosof dan teolog muslim Persia, yang dikenal sebagai Algazel di dunia Barat abad Pertengahan.

Imam al-Ghazali dilahirkan pada tahun 450 Hijrah bersamaan dengan tahun 1058 Masehi di bandat Thus, Khurasan (Iran). Beliau berkun`yah Abu Hamid karena salah seorang anaknya bernama Hamid. Gelar beliau al-Ghazali ath-Thusi berkaitan dengan gelar ayahnya yang bekerja sebagai pemintal bulu kambing dan tempat kelahirannya yaitu Ghazalah di Bandar Thus, Khurasan. Sedangkan gelar asy-Syafi'i menunjukkan bahwa beliau bermazhab Syafi'i. Beliau berasal dari keluarga yang miskin. Ayahnya mempunyai cita-cita yang tinggi yaitu ingin anaknya menjadi orang alim dan saleh. Imam Al-Ghazali adalah seorang ulama, ahli fikir, ahli filsafat Islam yang terkemuka yang banyak memberi sumbangan bagi perkembangan kemajuan manusia. Beliau pernah memegang jawatan sebagai Naib Kanselor di Madrasah Nizhamiyah, pusat pengajian tinggi di Baghdad. Imam Al-Ghazali meninggal dunia pada 4 Jumadil Akhir tahun 505 Hijriah bersamaan dengan tahun 1111 Masehi di Thus. Jenazahnya dikebumikan di tempat kelahirannya.

Al Ghazali terkenal lohh.... Banyak karya yang dihaslikannya sepanjang hidupnya. Bahkan beberapa diantaranya sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Salah satu karyanya adalah kitab berjudul Ihya Ulumuddin yang artinya "Kebangkitan Agama". Kitab ini terbagi dalam BAB, dan masing - masing BAB berisi 10 kitab. Kebayang nggak, gimana hebatnya Al - Ghazali? Dan itu belum semuanya lho... masih banyak kitab - kitab karangan Al - Ghazali yang lain. Nah, bagaimana?? Maukah akhi dan ukhti mengikuti jejak Al - Ghazali...??

0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger