Selasa, 17 Maret 2009

Al - Qur'an

Al - Qur'an : Bermakna & Berilmu

Al - Qur'an adalah kitab suci umat muslim. Al - Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur - angsur selama kurang lebih 22 tahun. Banyak didalamnya kisah - kisah tentang para nabi terdahulu. Misalnya kisah Nabi Nuh di surat Al - Ankabut ayat 14 - 15 :

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuhkepada kaumnya, maka ia tinggal di antara merekaseribu tahun kurang lima puluh tahun. Maka merekaditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orangyang lalim. Maka Kami selamatkan Nuh dan penumpang - penumpang bahtera itu dan Kami jadikan peristiwa itu pelajaran bagisemua umat manusia."

Juga di dalamnya terdapat banyak ilmu pengetahuan bagi kehidupan umat manusia. Misalnya pada surat An - Nahl ayat 69 :

"...Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam - macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnyapada yang demikian itu benar - benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang - orang yang memikirkan."

dalam ayat ini sudah diterangkan bahwa banyak sekali manfaat yang terkandung dalam madu yang diproduksi oleh lebah. Dan hal ini pun sudah diuji dan dibuktikan secara ilmiah.

Jika kita cermat dan teliti, akan kita temukan banyak sekali kalimat ".bagi orang - orang yang memikirkan." di ayat - ayat di Al - Qur'an. Hal ini bererti Allah mengajak kita umat manusia untuk banyak berpikir dan menggunakan otak kita. Karena faktanya, kebanyakan manusia baru menggunakan 1% - 10% dari kemampuan maksimal otaknya untuk berpikir. Otak kita sebetulnya adalah processor yang canggih, bahkan "sebetulnya" lebih canggih daripada komputer maupun super komputer manapun. Sayangnya, kita malah banyak tergantung pada komputer. Komputer memang bisa meringankan kerja kita, namun alangkah baiknya apabila kita juga mengasah dan sering memakai otak kita. Nah, hendaknyalah kita banyak membaca Al - Qur'an agar kita mendapat banyak kandungan - kandungan yang bisa kita jadikan bahan pemikiran kita untuk kebaikan umat.

Nah, sudahkan kita membaca dan mengamalkan ilmu - ilmu Al - Qur'an? Jawabannya ada pada diri kita sendiri.

sumber: Al - Qur'an

0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger