Rabu, 01 April 2009

Matikan Lampu, Nyalakan Masa Depan ! ! !


Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu, 28 Maret 2009, diadakan kampanye besar - besaran, eits . . . tunggu dulu, ini bukan kampanye caleg loh. . . Tapi ini kampanye memadamkan lampu dan peralatan elektronik yang tak terpakai, "Earth Hour".
Selama 1 jam mulai dari pukul 20.30 - 21.30 WIB, masyarakat diharapkan memadamkan peralatan elektronik yang tidak digunakan. Kampanye ini bertujuan untuk menghemat sekitar 300MW alias 300 MegaWatt, kapasitas yang cukup untuk menerangi ratusan desa yang belum "tersentuh" listrik. Acara ini sangat bermanfaat. Acara ini sedikit banyak bisa memberikan kita pelajaran dan pengalaman, bagaimana saudara - saudara kita yang desanya belum "tersentuh" listrik.Tapi bukan "tersentuh" seperti pada gambar iniblogger-emoticon.blogspot.com
Misalnya saja masyarakat di Banjarsari, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu selama puluhan tahun hidup tanpa aliran listrik dari pemerintah. Sebagian dari mereka ada yang menggunakan peembangkit listrik pribadi alias generator, dan sebagian dari mereka ada yang setia menggunakan obor, lilin, lampu tempel dan teman - temannya.
Melalui kampanye ini, kita diharapkan untuk menyadari terlebih lagi mensyukuri nikmat yang berupa listrik ini. Coba anda bayangkan seandainya nikmat berupa listrik ini dicabut, secara tidak langsung kita akan terputus dan susah berhubungan dengan dunia Internasional.
Maka dari itu, hendaknya kita sadar mulai dari sekarang, "Earth Hour" bisa kita lakukan kapan saja, tidak perlu menunggu 1 tahun sekali untuk menjalankan program ini. Setiap kali anda melihat alat elektronik yang menyala tapi tidak digunakan segera matikan.

Matikan Lampu, Nyalakan Masa Depan!!!

0 comments:

Posting Komentar